MENCARI
AKAR_AKAR PERSAMAAN (ANALISA NUMERIK)
Mencari akar-akar persamaan suatu fungsi dapat menggunakan
dua cara, yaitu menggunakan braeketing method dan open method untuk mendapatkan
suatu nilai real dari akar tersebut. Keduanya merupakan metode yang harus
memiliki initial value meskipun untuk
open method sendiri hanya membutuhkan satu atau dua initial value. Titik-titik
awal bisa dimana saja, tapi perhatikan bahwa titik-titik yang dicari harus
berada di antara keduanya. Well, mungkin sedikit membingungkan tapi lewat
uraian di bawah ini diharap bisa membantu penyelesaian.
1.
BRAEKETING METHOD
Bagi seorang enggineers, apalagi teknik mesin seperti saya,
nilai dari suatu hitungan design tidak sepenuhnya benar, dan harus dikaji
mendalam untuk mendapatkan real value dari hitungan itu sendiri. Karna akan
berpengaruh sangat besar terhadap mesin-mesin yang akan diciptakan atau
digunakan.
Braeketing method sendiri adalah salah satu metode menemukan
akar-akar persamaan dari suatu fungsi. Real serta memiliki error. Kemungkinan error
tidak ada hampir sangat kecil. Metode ini dig=bagi menjadi dua. Yaitu metode bisection dan false position.
A.
Metode Bisection
Seperti arti dari namanya, metode ini membagi kurva menjadi
dua bagian dan harus memiliki 2 initial value. Dan titik yang dicari harus
berada di antara 2 initial value. Untuk lebih
memahami akan di jelaskan menggunakan grafik dan contoh soal.
Langkah-langkah pengerjaan :
1.
Membagi dua harga areanya.
2.
3.
Hitung
4.
Menghitung dan memilih apakah ? jika
ya, maka dan jika
tidak, maka
Contoh Soal!
cari akar-akar persamaan dengan error maksimal kurang dari
10%.
Menggunakan design kita mendapakan sebagai berikut :
Dengan menggunakan kalkulator,
Jika menggunakan isection method kita harus menggunakan 2
initial value, kita pilih dan
Apakah ? Iya, maka selanjutnya tinggal memasukkan nilai dalam
mencari dan
Apakah ? Tidak, maka yang
diganti sehingga
dicari
menggunakan rumus awal dan begitu seterusnya sampai error kurang dari 10%. Lebih
mudah memasukkan nilai ke dalam excel untuk diproses lebih cepat.
Sehingga menghasilkan
tabel sebagai berikut :
x1
|
x2
|
x3
|
y1
|
y2
|
y3
|
y1*y3
|
y1*y2<0?1=ya, 0=tidak
|
error % (mutlak)
|
|
0
|
4
|
2
|
-2
|
14
|
2
|
-4
|
1
|
|
|
0
|
2
|
1
|
-2
|
2
|
-1
|
2
|
0
|
100
|
|
1
|
2
|
1.5
|
-1
|
2
|
0.25
|
-0.25
|
1
|
-33.33333333
|
|
1
|
1.5
|
1.25
|
-1
|
0.25
|
-0.438
|
0.4375
|
0
|
20
|
|
1.25
|
1.5
|
1.375
|
-0.438
|
0.25
|
-0.109
|
0.047851563
|
0
|
-9.090909091
|
|
1.375
|
1.5
|
1.4375
|
-0.109
|
0.25
|
0.066
|
-0.00726318
|
1
|
-4.347826087
|
|
1.375
|
1.44
|
1.4063
|
-0.109
|
0.066
|
-0.022
|
0.002456665
|
0
|
2.222222222
|
|
1.406
|
1.44
|
1.4219
|
-0.022
|
0.066
|
0.022
|
-0.00048804
|
1
|
-1.098901099
|
|
1.406
|
1.42
|
1.4141
|
-0.022
|
0.022
|
-4E-04
|
9.59635E-06
|
0
|
0.552486188
|
|
1.414
|
1.42
|
1.418
|
-4E-04
|
0.022
|
0.011
|
-4.5439E-06
|
1
|
-0.275482094
|
|
1.414
|
1.42
|
1.416
|
-4E-04
|
0.011
|
0.005
|
-2.1791E-06
|
1
|
0.137931034
|
|
1.414
|
1.42
|
1.415
|
-4E-04
|
0.005
|
0.002
|
-9.9785E-07
|
1
|
0.069013112
|
|
1.414
|
1.42
|
1.4146
|
-4E-04
|
0.002
|
1E-03
|
-4.0756E-07
|
1
|
0.034518467
|
|
1.414
|
1.41
|
1.4143
|
-4E-04
|
1E-03
|
3E-04
|
-1.1248E-07
|
1
|
0.017262213
|
|
1.414
|
1.41
|
1.4142
|
-4E-04
|
3E-04
|
-8E-05
|
3.50346E-08
|
0
|
0.008631852
|
|
1.414
|
1.41
|
1.4142
|
-8E-05
|
3E-04
|
9E-05
|
-7.432E-09
|
1
|
-0.00431574
|
|
1.414
|
1.41
|
1.4142
|
-8E-05
|
9E-05
|
4E-06
|
-3.5382E-10
|
1
|
0.002157916
|
|
1.414
|
1.41
|
1.4142
|
-8E-05
|
4E-06
|
-4E-05
|
3.1852E-09
|
0
|
0.00107897
|
Ingat tanda mutlak untuk
menentukan error. Dari hasil di atas dapat dilihat bahwa error semakin menurun
dan dalam beberapa kali percobaan error sudah berada di bawah 10%. Kita bisa
mengasumsikan bahwa nilai akar dari persamaan di atas adalah 1.4142 hampir mendekati
angka dari hitungan menggunakan kalkulator. Dengan error hanya sebesar
0.00107897%.
FLOWCHART
Tidak ada komentar:
Posting Komentar